3 Inovasi Berbasis Teknologi Arab Saudi Ini Kian Menarik Wisatawan Luar Negeri

Kategori : Teknologi, Features, Ditulis pada : 30 Juni 2024, 14:24:28

Siapa sangka, Arab Saudi kini makin gencar menerapkan inovasi berbasis teknologi untuk mendatangkan wisatawan luar negeri dari seluruh penjuru dunia. Saudi menargetkan untuk mendatangkan jutaan turis pada tahun 2030 mendatang. Oleh karena itu mereka aktif meningkatkan user experience atau wisatawan yang mengunjungi wilayah mereka supaya jumlah pengunjungnya semakin meningkat dari waktu ke waktu.

yaroslav-muzychenko-xG-pV6Eu-bE-unsplash.jpgPhoto by Yaroslav Muzychenko on Unsplash

Setidaknya, ada 3 inovasi berbasis teknologi yang diadaptasi oleh Saudi hingga tahun 2024 ini. Apa saja sih inovasinya? Yuk, mari kita simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Inovasi Berbasis Teknologi Arab Saudi untuk Tarik Wisatawan

 

 

  • Aplikasi Nusuk & KSA Visa

 

Saat ini, Arab Saudi memiliki platform khusus untuk mengurus keperluan umrah & visa digital untuk mempermudah jamaah umrah & wisatawan untuk pergi ke wilayah Saudi. Melalui aplikasi Nusuk, Anda dapat memesan kebutuhan selama umrah seperti tiket pesawat, akomodasi, katering, dan transportasi selama di tanah suci. Untuk visa digital, ada KSA Visa yang bisa menghemat waktu Anda untuk pengurusan visa secara digital. Dua aplikasi ini disinyalir menjadi pendorong banyaknya wisatawan dan jamaah umrah dari seluruh dunia datang ke Saudi.

 

 

  • Taksi Terbang

 

Inovasi terbaru yang dirilis Saudi awal tahun 2024 ini adalah dengan memesan 100 jet bernama Lilium dari negara Jerman. Pesawat jet ini akan beroperasi untuk mengantar jamaah umrah dan haji dari bandara King Abdul Aziz Jeddah ke hotel|hotel-hotel) di sekitar Masjidil Haram di Makkah. Disebut taksi terbang karena kapasitasnya hanya untuk 6 penumpang saja, serta dioperasikan secara terbatas dari bandara Jeddah ke landasan yang ada di hotel seputar Masjidil Haram di Makkah. Jamaah umrah & haji sangat tertarik dengan inovasi ini, karena dapat memberikan pengalaman pengguna atu user experience yang lebih baik selama berada di tanah suci. 

 

 

  • Mobil Polisi Berteknologi AI

 

Selain taksi terbang, Saudi juga memperkenalkan mobil polisi canggih berteknologi AI untuk memperkuat armada kendaraan patroli Kepolisian Kerajaan Arab Saudi. Kendaraan canggih berupa sedan dari Lucid tersebut dirilis Februari untuk meningkatkan efektivitas patroli keamanan di seluruh wilayah Arab Saudi. Dengan berbekal teknologi AI, dilengkapi dengan kamera dan drone, mobil listrik inovatif tersebut siap membantu pemerintah Arab Saudi menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat. Saudi bahkan telah menandatangani perjanjian dengan produsen mobil Lucid untuk memesan 100.000 mobil sedan listrik tersebut. Seiring dengan meningkatnya keamanan di Saudi, diharapkan akan mendorong minat wisatawan untuk datang, karena merasa aman & nyaman di Arab Saudi.

Nah, itulah tiga inovasi berbasis teknologi yang telah dihadirkan Saudi untuk menarik para wisatawan & jamaah haji serta umrah untuk datang ke wilayahnya. Hal ini tentunya menambah nilai plus bagi ekosistem haji & umrah karena jamaah juga akan merasakan kebaikan dari langkah strategis dari Arab Saudi tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id